Mudik adalah tradisi unik masyarakat Indonesia yang kerap dilakukan menjelang Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri. Tujuannya adalah agar dapat merayakan Hari Kemenangan tersebut bersama keluarga dan kerabat di kampung halaman usai merantau bekerja di ibu kota.

Ada banyak cara yang dilakukan masyararakat untuk menempuh perjalanan mudik, sebut saja dengan menggunakan transportasi umum. Sayangnya, menjelang Lebaran harga tiket moda transportasi umum akan naik. Tidak hanya naik, tiket juga biasanya sudah habis dari jauh-jauh hari.

Alternatif lain adalah mudik menggunakan mobil pribadi yang dinilai lebih efisien. Walau pada kenyataannya, akibat banyaknya masyarakat yang mudik, perjalanan pun sering macet.

Bagi yang tidak kebagian tiket mudik dan belum memiliki mobil atau kendaraan pribadi, ada cara lain untuk mudik, yaitu menggunakan mobil sewaan. Bahkan menggunakan mobil sewaan untuk mudik bisa lebih menguntungkan lho.

Namun, tetap saja ada yang harus diperhatikan agar perjalanan mudik menggunakan mobil sewaan ini aman dan nyaman. Berikut tips memeriksa mobil sewaan sebelum diajak mudik.

  • Cek Pelumas Mesin
    Siapa yang tidak ingin mobil yang menemani perjalanan mudik tetap prima? Meskipun mobil tersebut adalah mobil sewaan tetap saja menginginkan hal yang sama.Oleh karena itu, ada baiknya infokan pada pemilik mobil atau rental bahwa Anda akan menyewa mobil untuk melakukan perjalanan mudik yang jaraknya jauh.Untuk lebih memastikan, sebelum melakukan perjalanan, Anda juga bisa mengecek secara mandiri bagian pelumasan mesin atau oli. Jika perlu diganti, jangan segan meminta pemilik mobil atau rental untuk melakukannya.Sebab dalam kondisi mudik, potensi jalanan macet sangat mungkin terjadi. Alhasil dibutuhkan pelumas berkualitas baik untuk menjadi kondisi mesin agar tetap prima.Filter oli pun perlu dicek agar tidak ada kotoran yang masuk ke ruang mesin.
  • Pastikan Kondisi BanBaik
    Tips memeriksa mobil sewaan sebelum diajak mudik selanjutnya adalah memeriksa ban. Kondisi ban mobil juga berperan penting dalam memastikan perjalanan mudik Anda akan aman atau tidak.Pastikan mobil yang Anda sewa untuk perjalanan mudik kondisi bannya masih bagus dan layak jalan. Untuk menghadapi keadaan darurat, periksa juga kondisi ban cadangannya.Jangan lupa juga cek tekanan angin di ban mobil. Selain jangan sampai ada tekanan angin yang berkurang, sesuaikan tekanan angin dengan bobot yang akan Anda bawa di mobil.
  • Fungsi RemHarus Normal
    Rem merupakan komponen terpenting. Jika tidak ada rem maka mobil sulit berhenti. Kinerja rem yang terganggu bisa saja mengakibatkan kecelakan yang fatal. Untuk memahami kondisi rem masih dalam kondisi normal dan bekerja dengan baik terletak pada saat pengereman.Ketika Anda melakukan pengereman, bagian rem akan terdengar suara berdecit dan rem terasa mulai sedikit blong.Untuk menghindari hal tersebut perlu dicek kondisi minyak rem apakah masih dalam batas normal atau perlu segera diisi lagi. Selain itu juga cek kondisi kampas rem, serta bersihkan debu-debu yang menempel di disc brake menggunakan disc cleaner.
  • Cek Juga Lampu dan Wiper
    Saat mudik seringkali waktu perjalanan tidak bisa diprediksi, kadang harus berkendara hingga larut malam, atau bahkan harus menghadapi hujan deras yang membuat visibilitas berkendara makin sulit.Untuk menghindari hal tersebut sebelum perjalanan mudik dengan mobil sewaan, Anda diharuskan mengecek seluruh lampu headlamp dan rearlamp apakah seluruh lampu masih dalam kondisi normal atau tidak.Apabila tidak maka Anda bisa meminta pemilik mobil atau rental untuk mengganti bohlam lampu mati dengan bohlam lampu baru, atau cek sistem kelistrikan lampu tersebut.Selain itu untuk wiper juga dites apakah bisa menyapu air dengan baik atau tidak. Apabila tidak, maka segera minta ganti karet wiper mobil Anda dengan yang baru.
  • AC Harus Bisa Mendinginkan Kabin Sementinya
    Tips memeriksa mobil sewaan sebelum diajak mudik yang terakhir adalah cek Sistem pendingin udara atau air conditioner (AC).AC merupakan salah satu komponen yang membuat perjalanan mudik semakin nyaman. Bayangkan saja jika Anda terjebak macet panjang di perjalanan mudik sementara AC dalam mobil tidak berfungsi dengan semestinya. Tentu kabin akan terasa gerah dan tidak nyaman.Karena itu, pastikan AC di mobil yang Anda sewa dapat bekerja dengan semestinya atau dapat mendinginkan kabin sesuai dengan fungsinya.Jika hembusan angin yang dikeluarkan oleh lubang AC tidak dingin, segera minta pemilik mobil atau rental mengeceknya. Agar AC dingin dapat melakukan penggantian filter, atau flushing AC untuk mencuci sekaligus menguras freon dan oli dalam sistem sirkulasi AC.
  • Pilih Rental Mobil yang Memiliki Reputasi Baik
    Untuk menyewa mobil dengan keadaan baik dan siap mudik memang tidak bisa sembarangan. Anda harus memastikan pemilik mobil atau rental tersebut terpercaya dan memiliki reputasi yang baik.

Agar tidak lagi bingung, travelizymalang.com bisa menjadi solusi terbaik tempat penyewaan mobil / rental mobil murah dan aman di Malang. Langsung hubungi aja Travelizy Malang pusat wisata dan rental mobil di Malang yang akan menjamin keamanan dan kenyaman kamu ketika mudik. Yuk pesan sekarang!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here