Jawa Timur merupakan salah satu tempat berburu kuliner tradisional Indonesia yang paling banyak digemari. Salah satunya adalah Gethuk. Jajanan pasar ini mudah banget kamu temukan. Namanya pun sudah nggak asing di telinga, Gethuk.

Yaps, camilan ringan yang satu ini sangat merakyat di beberapa daerah di Jawa Timur apalagi di Malang dan juga di Jawa Tengah. Terbuat dari ketela pohon atau singkong, gethuk bahkan nikmat disajikan dengan lauk, pengganti nasi.

Namun, bagi para turis, gethuk merupakan jajanan yang cocok dijadikan oleh-oleh. Namun, apakah kamu tau varian gethuk ini? Biar gak kepo lagi travelizymalang.com sudah siapkan referensinya yang bisa juga kamu nikmati saat wisata kuliner di Malang.

GETHUK LINDRI
Yaps, panganan berbahan dasar singkong ini memang mudah ditemui, terlebih jika kita mau berkunjung ke pasar tradisional. Selain di Malang, gethuk jenis ini juga bisa kamu jumpai di daerah Magelang, Yogyakarta, Solo hingga Semarang.

Bentuknya yang cantik serta rasanya yang manis mampu membuat lidah kamu bergoyang. Berbeda dengan model gethuk lain, gethuk lindri memiliki bentuk yang sangat khas. Bongkahan adonan singkong yang digulung kemudian dipress menciptakan bentuk gethuk yang mirip mie. Aroma gethuk lindri pun berbeda dengan yang lain, karena menggunakan daun pandan yang harum serta parutan kelapa yang gurih, menambah sedap gethuk lindri.

GETHUK GORENG
Jika kamu main ke daerah Banyumas dan Purwokerto, gethuk goreng mudah banget ditemui. Dibuat dari singkong yang dibumbui gula kelapa, gethuk yang satu ini sudah ada sejak tahun 1918, lho. Potongan gethuk yang digoreng menimbulkan sensasi tersendiri, apalagi dengan tepung yang membuat permukaan gethuk menjadi renyah. Nikmat disajikan dengan teh hangat manis, gethuk goreng bisa jadi camilan buat kamu yang bosan dengan gorengan biasa.

GETHUK TRIO
Mungkin, dari dua gethuk di atas, gethuk trio jauh lebih higenis dan modern. Dibungkus dalam plastik, gethuk trio menggunakan singkong yang ditumbuk halus dengan gula pasir. Mirip bolu apis, gethuk trio makin nikmat karena ada tambahan santan di atasnya. Nah, buat mencicipi gethuk ini, kamu harus main ke daerah Magelang, pusat produksi gethuk trio.

GETHUK SUKUN

Apa jadinya kalau buah sukun bertemu dengan tepung adonan gethuk? Nah, masyarakat Jawa mampu menyulapnya menjadi gethuk sukun! Diproses dengan cara dikukus, gethuk suku punya tekstur yang padat, dengan campuran gula pasir dan garam. Sepintas mirip sekali dengan gethuk goreng yang dipotong rapi, gethuk sukun memiliki aroma yang berbeda dari gethuk pada umumnya. Cita rasa gethuk ini bisa kamu nikmati saat berkunjung ke kota Kendal, Jawa Tengah.

Tertarik buat liburan bareng sahabat atau keluarga sambil berburu gethuk? Bisa banget! Biar makin mudah langsung hubungi di travelizymalang.com! Biar perjalanan wisatamu makin menyenangkan dan berkesan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here